Komponen Inti
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negatif dan positif.
Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi tambah dan kurang, kali, bagi, dan pangkat bilangan bulat termasuk operasi campuran.
Pertanyaan Pemantik
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan bilangan.
Adakah contoh dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan bilangan negatif? Berikan contohnya.
Bagaimanakah langkah untuk menjumlahkan maupun mengurangkan bilangan positif dan negatif?
Persiapan Pembelajaran
Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
Guru menyiapkan termometer, air hangat/panas dalam botol, minuman dalam botol yang sudah membeku, bahan tayang PPT materi Bilangan Bulat dalam kehidupan sehari-hari, Garis Bilangan, serta Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat.
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
Perwakilan peserta didik memimpin doa sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
Guru memberikan apersepsi tentang ketinggian daratan dan kedalaman laut
Guru memberikan gambaran tentang penulisan ketinggian daratan dan kedalaman laut menggunakan bilangan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi Bilangan Bulat dalam kehidupan sehari-hari, Garis Bilangan, serta Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat.
Kegiatan Inti (60 menit)
Langkah 1. Pemberian stimulus
Guru bertanya tentang suhu lingkungan dan suhu ruang freezer pada kulkas, bagaimana cara menentukannya dan penulisannnya? Berapakah total berat badan peserta didik dalam sebuah kelompok?
Peserta didik membaca permasalahan pada sub bab 1.1 dari Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII dari PT Penerbit Erlangga halaman 3-5.
Langkah 2. Identifikasi Masalah
Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.
Peserta didik diminta mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang relevan dengan materi pembelajaran kemudian membuat hipotesisnya (jawaban sementara atas permasalahan)
Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi permasalahan.
Langkah 3. Pengumpulan Data
Peserta didik mengumpulkan informasi yang dibutuhkan melalui membaca pada sub bab 1.2 Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII dari PT Penerbit Erlangga halaman 6-13, bertanya langsung, maupun uji coba/praktek sederhana secara mandiri.
Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam mengumpukan data.
Langkah 4. Pengolahan Data
Peserta didik mengolah data yang sudah didapatkan dalam kelompoknya masing-masing.
Guru memantau sampel pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan/mengajukan pertanyaan tentang hasil pengolahan data yang sudah dilakukan.
Guru membimbing kelompok yang mengalami kesulitan dalam mengolah data yang sudah didapatkan.
Langkah 5. Pembuktian
Peserta didik secara berkelompok memeriksa dengan cermat jawaban atas permasalahan-permasalahan yang ditentukan pada identifikasi masalah (tentang penggunaan bilangan negatif dan positif, letak bilangan bulat pada garis bilangan, serta penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat).
Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
Langkah 6. Menarik Kesimpulan
Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
Guru memberikan penguatan/mengklarifikasi apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
Peserta didik mengemukakan kesimpulan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan dari guru
Guru memberikan sampel soal dalam Contoh Soal dan Pembahasan dari Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII dari PT Penerbit Erlangga halaman 5 dan 10 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik pembelajaran.
Kegiatan Penutup (10 Menit)
Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu Bilangan Bulat dalam kehidupan sehari-hari, Garis Bilangan, serta Penjumlahan dan Pengurangan pada Bilangan Bulat.
Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII dari PT Penerbit Erlangga halaman 13-14.
Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya, yaitu Operasi Perkalian dan Pembagian, Perpangkatan, dan Operasi Campuran pada Bilangan Bulat.
Rencana Asesmen
Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Uji Pemahaman dari Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII dari PT Penerbit Erlangga halaman 13-14.
Pengayaan dan Remedial
Terlampir diakhir pertemuan Bab 1
Refleksi Peserta Didik dan Guru
Refleksi Peserta Didik
Bagaimana cara kamu menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan?
Apa yang kamu ketahui tentang sifat penjumlahan pada bilangan bulat?
Refleksi Guru
Apakah pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
Apakah peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan baik?
Lampiran
Lembar Aktivitas
Silakan kerjakan Uji Pemahaman dari Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII dari
Glosarium
Garis Bilangan adalah garis dengan titik-titik tebal yang terletak pada garis itu yang berpasangan dengan bilangan.
Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri dari bilangan negatif dan bilang cacah.
Daftar Pustaka
0 komentar
Posting Komentar